Sabtu, 14 Oktober 2017

CONTOH PROPOSAL IPA KELAS IV SD

CONTOH PROPOSAL IPA KELAS IV SD
CONTOH PROPOSAL IPA KELAS IV SD

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah

Berdasarkan hasil refleksi pembelajaran dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD......................... pada materi mengidentifikasi alat indera, menunjukkan hasil yang belum maksimal. Hasil prestasi siswa masih di bawah tingkat ketuntasan belajar. Pendidikan merupakan komponen pokok dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.  Undang-undang RepublikIndonesia nomor 20 tahun 2003 pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional menyebutkan bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watakserta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupanbangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusiayang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis sertabertanggung jawab”.  Terkait di dalamnya, masing-masing dari undang-undang tersebut dapat dinyatakan bahwa pendidikan tidak hanya berfungsi mencerdaskan kehidupan bangsa dalam kemampuan akademik saja namun watak dan akhlak bangsa.  Fungsi pendidikan tersebut harus diterapkan oleh tiap warga Indonesia sebagai individu yang berkaitan dengan pendidikan, dalam hal ini guru dan siswa merupakan komponen yang individu memiliki tanggung jawab masing-masing dalam proses pendidikan. 

Lihat juga :
Sekolah dasar sebagai jenjang pendidikan formal yang pertama menjadi dasar untuk jenjang pendidikan selanjutnya.  Oleh karena itu, mutu pendidikan di sekolah dasar harus menjadi hal yang paling utama yang perlu di perhatikan.  Fungsi pendidikan di atas sangat sesuai dengan pembelajaran Ilmu Pengetahuan alam (IPA) di SD.  Pembelajaran yang diselenggarakan di SD/MI adalah pembelajaran yang mendidik yaitu pembelajaran yang secara serentak untuk mencapai tujuan dalam mewujudkan indikator/kompetensi dan mewujudkan tujuan pendidikan yang lebih umum yaitu membentuk jati diri dan kepribadian murid.
 

Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang menekankan pada analisis terhadap fakta, konsep dan generalisasi.  Guru sebagai fasilitator dalam hendakanya memiliki kemampuan dalam mengolah kelas agar tercipta suasana belajar yang dapat meningkatkan aktivitas dan daya kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran.  Suasana belajar tersebut dapat diciptakan dengan pemilihan metode yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran serta menyenangkan.



Menurut Gagne dalam Isjoni (2010), dalam proses pembelajaran siswa berada dalam posisi mental yang aktif, dan guru berfungsi mengkondisikan terjadinya pembelajaran. Djamarah (2006), untuk menciptakan suasana yang menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar siswa, mereka memerlukan pengorganisasian proses belajar yang baik, sedangkan belajar yang baik adalah belajar yang sesuai kebutuhan siswa.


B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan pokok permasalahan sebagai berikut :
  1. Bagaimanakah cara meningkatkan kemampuan mengidentifikasi alat indera melalui metode observasi pada siswa kelas IV SD......................... tahun pelajaran 20.../20...?
  2. Seberapa besar peningkatan kemampuan siswa dari penerapan metode observasi dalam mengidentifikasi alat indera pada siswa kelas IV SD......................... tahun pelajaran 20.../20...?
C.    Tujuan Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk :

Selengkapnya lihat tayangan di bawah ini.

UNDUH FILENYA
Demikialnlah Contoh Proposal PTK yang dapat kami sampaikan. Semoga yang Bapak Ibu cari adalah ini.


EmoticonEmoticon